Cek! 5 Makanan Ini Wajib Kamu Coba Jika Asam Uratmu Tinggi

SehatBugar68 - Purin adalah zat yang umum dijumpai di mana pun. Purin sendiri diproduksi oleh tubuh. Selain itu, purin juga bisa didapatkan dari beberapa makanan yang dikonsumsi.

Secara normal, purin yang berasal dari tubuh atau dari makanan akan diuraikan tubuh menjadi asam urat. Asam urat akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Apabila kadar asam urat terlalu tinggi, maka ginjal tidak dapat mengeluarkan semua asam urat sehingga senyawa tersebut akan tetap mengalir di darah.

Kadar asam urat yang tinggi di dalam darah akan membentuk kristal yang menumpuk di sendi. Kristal inilah yang menyebabkan rasa nyeri dan bengkak di sendi.

Apabila terdiagnosis kadar asam urat tinggi, dokter akan menyarankan perubahan pola makan seperti menghindari makanan tinggi purin dan memperbanyak makanan yang dapat membantu mengurangi asam urat. Berikut adalah lima makanan yang wajib kamu coba jika asam uratmu tinggi! 

1. Alpukat

Merujuk pada situs Healthline, alpukat memiliki kandungan purin yang rendah. Selain itu, buah ini memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E yang berperan dalam proses antiinflamasi.

Sebuah tinjauan ilmiah menyebut bahwa konsumsi makanan tinggi antioksidan dapat menurunkan reaksi inflamasi dan melawan radikal bebas di dalam tubuh, sehingga gejala asam urat tinggi dapat berkurang.

Mengutip Arthritis Foundation, kamu juga mendapatkan manfaat kenyang lebih lama ketika memasukkan alpukat dalam menu makan sehari-hari karena kalorinya yang tinggi. Selain itu, kandungan lemak baik yang terkandung dalam alpukat juga baik untuk kesehatan jantung.

2. Buah ceri 

Dikutip dari WebMD, buah ceri memiliki kandungan antosianin. Antosianin adalah zat yang menjadikan ceri berwarna merah gelap keunguan. Zat antosianin inilah yang menjadikan buah ceri kaya akan antioksidan. Domino99

Kandungan antioksidan di dalam ceri dapat membantu mengurangi inflamasi akibat asam urat tinggi. Inflamasi yang berkurang akan mempercepat proses penyembuhan nyeri asam urat.

3. Kacang 

Karena daging merah dan jeroan menjadi makanan yang dihindari saat asam urat tinggi, maka sebagai pengganti protein kamu bisa mendapatkannya dari sumber protein nabati seperti kacang-kacangan dan polong-polongan. Mengutip Healthline, kacang dan polong memiliki kandungan purin yang rendah.

Selain kacang-kacangan dan polong-polongan, kamu juga bisa mengonsumsi produk olahan kedelai seperti tahu atau sari kedelai. Berdasarkan penelitian, kandungan purin dalam tahu dan sari kedelai tergolong rendah sehingga aman dikonsumsi saat kadar asam urat tinggi. Penelitian lainnya juga menyebutkan bahwa produk olahan kedelai tidak meningkatkan asam urat.

4. Jeruk

Selain rendah purin, buah-buahan seperti jeruk, nanas, dan stroberi juga kaya akan vitamin C. Vitamin C dipercaya dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan dapat mencegah terjadinya nyeri asam urat.

Jika kamu ingin mendapatkan vitamin C dari suplemen makanan, sebaiknya konsultasikan dengan doktermu dahulu. Hal ini penting agar tidak terjadi interaksi obat yang kamu konsumsi dengan suplemen vitamin C.  

5. Memperbanyak air putih 

Merujuk situs Healthline, asam urat akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Jika konsumsi air kurang, maka asam urat akan tetap berada di dalam darah sehingga membentuk kristal asam urat di sendi. Maka dari itu, memperbanyak minum air dapat melarutkan asam urat agar segera terbuang dari tubuh saat buang air kecil.

Kamu bisa minum delapan gelas air per hari atau lebih banyak jika sedang mengalami nyeri asam urat. Selain itu, kopi juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Minum kopi secara rutin dapat menurunkan risiko terjadinya asam urat.

Itulah lima makanan yang bisa kamu coba jika asam uratmu tinggi. Mengatur pola makan yang tepat dan mengonsumsi obat dari dokter akan mempercepat asam uratmu turun. 

Posting Komentar

0 Komentar