Pasien Diabetes Tetap Bisa Menikmati Camilan Manis saat Lebaran

SehatBugar68 - Ada banyak hidangan manis yang biasa ditemukan saat Idulfitri. Mulai dari aneka kue kering (nastar, putri salju, semprit, lidah kucing, dan lain-lain), chiffon cake, bolu, brownies, hingga minuman manis seperti es sirop atau es buah. Semuanya lezat dan bisa bikin kalap!

Namun, orang yang memiliki diabetes tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan tersebut karena berpotensi meningkatkan kadar gula darah.

Ini bukan akhir dari segalanya. Menurut Dr. dr. Jazil Karimi, SpPD, KEMD, FINASIM, dokter spesialis penyakit dalam di Eka Hospital Pekanbaru, pasien diabetes tetap bisa menikmati hidangan manis saat Lebaran. Apa saja yang perlu diperhatikan?

1. Seimbangkan dengan makanan sehat

Makanan yang disajikan saat Lebaran memang menggoda mata dan lidah. Akan tetapi, sering kali makanan tersebut tidak memiliki nilai gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kita.

"Makanlah berbagai makanan, termasuk sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak untuk mendapatkan asupan nutrisi yang cukup selama Lebaran, sehingga kesehatan bisa tetap terjaga," Dr. Jazil menyarankan. Agen Domino99

2. Batasi asupan karbohidrat

Masakan Lebaran identik dengan yang tinggi kalori, karbohidrat, dan kolesterol. Misalnya, opor ayam, lontong sayur, rendang, hingga gulai ayam. Saking enaknya, tanpa sadar kita makan dua porsi!

Di sisi lain, makanan ini berpotensi meningkatkan kadar gula darah. Bukan berarti tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Boleh tetap makan, kok, asalkan mengurangi porsi nasi putih atau lontong. Dengan demikian, masih ada ruang untuk mencicipi aneka camilan manis.

3. Kurangi asupan makanan olahan

Karena ingin praktis, banyak tuan rumah yang menjamu tamunya dengan makanan olahan siap saji, seperti biskuit atau kue kering kemasan. Selain itu, makanan tersebut juga lebih murah dan mudah didapat.

"Namun, makanan olahan memiliki kandungan gula tambahan yang cukup banyak dan nutrisi yang sangat minim, sehingga tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak," ujar alumnus Universitas Padjadjaran ini.

4. Batasi minuman manis

Mungkin, kita tidak tergoda dengan kue kering, cake, atau roti. Namun, siapa yang bisa menolak minuman manis seperti es buah, sirop, kolak, cendol, cincau, dan es teler? Apalagi jika cuaca sedang panas, satu gelas rasanya tidak cukup!

Seperti yang bisa ditebak, Dr. Jazil mengimbau untuk membatasi konsumsi minuman manis karena bisa membuat kadar gula darah melonjak. Demi kesehatan, minum air putih saja.

5. Membuat kue Lebaran sendiri

Cara terakhir memang lebih merepotkan. Butuh banyak waktu, tenaga, dan uang untuk membuat kue Lebaran sendiri. Namun, dijamin worth it karena kita bisa menikmati kue tanpa rasa bersalah atau khawatir.

"Dengan membuat kue Lebaran sendiri, kita bisa menakar gula yang perlu dimasukkan ke dalamnya. Atau, bahkan menggunakan bahan-bahan khusus seperti gula khusus diabetes, sehingga tidak perlu khawatir kadar gula akan melonjak," tutup Dr. Jazil.

Posting Komentar

0 Komentar