Contoh Latihan Kecepatan, Tubuh Makin Lincah dan Bugar

   

  Sehatbugar68 - Dalam menjaga kebugaran tubuh, terdapat beberapa aspek yang harus dilatih. Salah satunya adalah kecepatan. Ada beberapa contoh latihan kecepatan yang tidak hanya membantu meningkatkan kebugaran, tetapi juga kelincahan tubuh.SahabatQQ

Contoh latihan kecepatan ini bisa dilakukan sendiri, dengan teman, maupun dengan bantuan alat. Lakukan latihan-latihan ini secara teratur dan rutin agar mendapat hasil yang maksimal. Cari tahu selengkapnya dalam artikel ini, yuk!


1. Sprint

Contoh latihan kecepatan pertama adalah lari sprint. Lari ini dilakukan dalam jarak yang pendek, tetapi dengan kecepatan tinggi. Atlet melakukan latihan ini secara berulang-ulang supaya bisa melihat perbedaan durasi waktunya sekaligus bisa menjadi bahan evaluasi.

Latihan sprint tidak hanya melatih kecepatan, tetapi juga daya tahan dalam berolahraga.

Dominoqq

2. Lari zigzag

Contoh latihan kecepatan selanjutnya adalah lari zigzag. Sesuai namanya, latihan ini dilakukan dengan berlari ke kiri dan kanan secara cepat. Oleh sebab itu, latihan ini tidak hanya melatih kecepatan, tetapi juga kefokusan mata dalam melewati rintangan yang disediakan.


3. Shuttle run

Shuttle run sebenarnya memiliki konsep yang mirip dengan lari sprint, yaitu sama-sama berlari jarak pendek dengan kecepatan tinggi. Namun, shuttle run mengharuskan kamu berlari bolak balik ke titik semula.

Situs  Judi Online Aman Dan Terpercaya

Misalnya, kamu berlari dari titik A ke titik B sejauh 5 meter. Maka ketika sudah sampai di titik B, kamu harus kembali ke titik A dengan cepat. Lalu, kembali lagi ke titik B dan seterusnya.


4. Cone drills

Sesuai namanya, contoh latihan kecepatan ini menggunakan alat berupa cone yang  diletakkan sejara berjajar. Fungsi dari cone ini adalah sebagai rintangan dalam berjalan atau berlari.

Kamu harus melewati rintangan tersebut, bisa dengan berlari secara perlahan, berlari, bahkan melompat. Biasanya latihan ini dilakukan sebagai pemanasan sebelum melakukan aktivitas olahraga berat lainnya.


5. Ladder drill

Latihan kecepatan ini dilakukan menggunakan alat berupa ladder, yaitu semacam tangga yang berbahan nilon dan disusun secara horizontal. Latihan ini juga biasanya dilakukan sebagai pemanasan sebelum berolahraga.

Dalam melakukannya, kamu bisa berjalan, melompati, atau berlari melewati setiap rongga pada ladder. Aturannya, kaki kamu tidak boleh mengenai atau menyentuh tali pada ladder tersebut.

Link Alternatif : JAYASAHABAT.NET

Nah, itulah tadi 5 contoh latihan kecepatan yang bisa kamu coba sendiri. Jangan lupa lakukan secara rutin dan teratur serta evaluasi hasil dalam jangka waktu tertentu.

Posting Komentar

0 Komentar