Efek Placebo dan Nocebo, Bagaimana Pikiran Bisa Merusak Kesehatan

  

 Sehatbugar68 - Efek placebo dan nocebo adalah fenomena psikologis yang menarik untuk dipelajari. Efek ini terjadi ketika harapan atau keyakinan seseorang mempengaruhi kondisi fisik atau mentalnya secara positif atau negatif.

Meskipun tidak memiliki efek farmakologis pada tubuh, efek ini dapat membantu meredakan gejala yang dialami oleh pasien. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu efek placebo dan nocebo, bagaimana cara kerjanya, contoh-contoh kasus, faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan cara menghindari efek nocebo. Mari simak baik-baik!SahabatQQ


1. Apa itu efek placebo dan nocebo?

Efek placebo dan nocebo adalah fenomena psikologis di mana harapan atau keyakinan seseorang bisa mempengaruhi kondisi fisik atau mentalnya secara positif atau negatif. Efek ini terjadi ketika seseorang mengonsumsi obat atau melakukan terapi, tetapi tidak ada efek farmakologis yang terjadi pada tubuh mereka. Efek ini murni disebabkan oleh sugesti atau harapan seseorang.DominoQQ

Efek placebo dan nocebo sudah diketahui sejak lama dalam dunia medis. Efek placebo pertama kali dicatat oleh seorang dokter bernama John Haygarth pada tahun 1799. Ia melakukan eksperimen dengan menggunakan tongkat palsu yang disebut "Tractors Perkins" untuk mengobati nyeri pada pasiennya. Ia menemukan bahwa pasiennya merasa lebih baik setelah menggunakan tongkat tersebut, padahal tongkat tersebut tidak memiliki efek apa pun.

2. Bagaimana cara kerja efek placebo dan nocebo?

Efek placebo dan nocebo adalah kejadian di mana pikiran seseorang bisa mempengaruhi tubuhnya secara baik atau buruk. Efek ini terjadi ketika seseorang minum obat atau ikut terapi, tetapi sebenarnya obat atau terapi itu tidak ada khasiatnya. Efek ini terjadi karena pikiran seseorang berharap atau percaya bahwa obat atau terapi itu akan membantunya.

Pikiran seseorang yang berharap atau percaya itu bisa mengubah zat-zat kimia di otaknya, seperti endorfin, dopamin, serotonin, dan kortisol. Zat-zat kimia ini bisa mengubah rasa sakit, perasaan, stres, dan daya tahan tubuh. Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature Reviews Neuroscience, efek placebo bisa membuat otak lebih aktif di bagian yang berkaitan dengan kepuasan, semangat, dan perasaan senang. Sebaliknya, efek nocebo bisa membuat otak lebih aktif di bagian yang berkaitan dengan ketakutan, cemas, dan perasaan sedih.


3. Apa saja contoh dari efek placebo dan nocebo?

Contoh dari efek placebo termasuk penggunaan pil gula dalam studi klinis, di mana pasien diberikan pil palsu sebagai bagian dari penelitian. Meskipun pil tersebut tidak memiliki efek apa pun, pasien melaporkan ada perbaikan tentang gejala yang mereka alami setelah mengonsumsinya.

Contoh lain dari efek placebo adalah penggunaan akupunktur untuk mengobati nyeri kronis. Dilansir dari hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Archives of Internal Medicine, akupunktur dapat memberikan efek analgesik (penghilang rasa sakit) yang sama dengan obat-obatan nyeri. Namun, penelitian tersebut juga menemukan bahwa akupunktur palsu, di mana jarum tidak menusuk kulit, juga memberikan efek yang sama dengan akupunktur asli. Hal ini menunjukkan bahwa efek analgesik (penghilang rasa sakit) akupunktur sebagian besar disebabkan oleh efek placebo.Domino99

Contoh lain dari efek nocebo, dilansir dari hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Vaccine, beberapa orang yang menerima vaksin COVID-19 melaporkan gejala seperti demam, nyeri otot, dan sakit kepala setelah divaksinasi. Namun, penelitian tersebut juga menemukan bahwa sebagian dari gejala tersebut disebabkan oleh efek nocebo, bukan oleh vaksin itu sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa efek nocebo dapat mempengaruhi persepsi seseorang tentang keamanan dan efektivitas vaksin.

4. Bagaimana cara menghindari efek nocebo?

Untuk menghindari efek nocebo, penting untuk memiliki harapan positif tentang pengobatan atau terapi yang sedang dijalani. Jangan biarkan kekhawatiran atau ketakutan mempengaruhi keyakinan bahwa pengobatan tersebut akan membantu merasa lebih baik. Beberapa cara untuk meningkatkan harapan positif adalah:

Mencari dukungan sosial dari keluarga, teman, atau kelompok yang memiliki pengalaman atau kondisi yang sama;

Membangun hubungan yang baik dengan penyedia layanan kesehatan, berdasarkan kepercayaan, komunikasi, dan kerja sama;

Melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental, seperti olahraga, meditasi, hobi, atau relaksasi.


5. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi efek placebo dan nocebo?


Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi efek placebo dan nocebo meliputi:

Harapan atau keyakinan seseorang tentang pengobatan atau terapi;

Pengalaman masa lalu dengan pengobatan atau terapi serupa;

Lingkungan di mana pengobatan atau terapi dilakukan.Domino99

Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan dan motivasi seseorang untuk sembuh. Dilansir dari hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Bulletin, faktor-faktor ini dapat dibagi menjadi tiga kategori: karakteristik pasien, karakteristik penyedia layanan kesehatan, dan karakteristik situasi.

Karakteristik pasien: Meliputi faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, ras, etnis, budaya, agama, pendidikan, kepribadian, suasana hati, sikap, harapan, keyakinan, pengetahuan, dan pengalaman.

Karakteristik penyedia layanan kesehatan: meliputi faktor-faktor seperti kompetensi, profesionalisme, empati, sikap, harapan, keyakinan, pengetahuan, dan perilaku.

Karakteristik situasi: Meliputi faktor-faktor seperti jenis pengobatan atau terapi, dosis obat atau durasi terapi, warna atau bentuk obat atau alat terapi, label atau merek obat atau alat terapi, harga obat atau biaya terapi, lokasi atau fasilitas pengobatan atau terapi.

Link Alternatif : PLAYSAHABAT.NET

Efek placebo dan nocebo adalah fenomena psikologis di mana harapan atau keyakinan seseorang bisa mempengaruhi kondisi fisik atau mentalnya secara positif atau negatif. Meskipun tidak memiliki efek farmakologis pada tubuh, efek ini dapat membantu meredakan gejala yang dialami oleh pasien.

Posting Komentar

0 Komentar