5 Bahaya Makan All You Can Eat yang Bisa Menimbulkan Masalah Kesehatan

  

  Sehatbugar68 - Ada banyak restoran yang mengusung konsep sajian all you can eat, mulai dari yang harganya murah hingga harga hotel bintang lima. Biasanya pengunjung hanya perlu membayar satu kali untuk menikmati makanan sepuasnya dengan waktu yang terbatas.

Salah satu jenis makanan yang paling banyak disajikan adalah daging panggang yang dilengkapi aneka saus. Meski tampak menggiurkan, tetapi ada bahaya yang mengintai dari makanan all you can eat, lho.SahabatQQ

Apalagi kalau kamu sering menyantapnya, kamu akan mengalami rasa tidak nyaman dalam tubuh. Simak beberapa bahaya makan all you can eat berikut ini, ya!


1. Kenyang berlebih alias food coma

Menikmati all you can eat biasanya membuat orang-orang melahap banyak makanan, karena merasa tidak mau rugi. Hal ini bisa menyebabkan rasa penuh atau begah pada perut, sehingga membuat tubuh lemas, mengantuk, hingga sulit berpikir. Biasa disebut sebagai food coma.

Hal ini terjadi karena aliran darah ke otak akan fokus untuk mencerna makanan tersebut. Semakin banyak makanan yang masuk ke pencernaan kamu, maka semakin tinggi kebutuhan aliran darah ke organ yang sedang bekerja keras.DominoQQ


2. Tersedak

Biasanya kita akan mengunyah lebih cepat, karena waktunya terbatas untuk menikmati all you can eat. Misalnya saat mengonsumsi potongan daging atau makanan dalam jumlah banyak, maka proses menelan dan pernapasan pun menjadi terganggu.

Apalagi ketika terburu-buru ketika waktu sudah tinggal sedikit, kita cenderung semakin mempercepat proses mengunyah, sehingga napas pun ikut memburu dan berpotensi menyebabkan tersedak. 


3. Kolesterol tinggi

Mengonsumsi all you can eat terlalu sering juga bisa memicu kenaikan kadar kolesterol. Sebab, makanan all you can eat didominasi dengan daging berlemak, gorengan, dan aneka dessert yang bervariasi.

Sebaiknya diimbangi dengan pola hidup yang sehat, seperti mengonsumsi banyak sayuran, buah, dan olahraga teratur. Jadi, kamu tetap bisa mencegah kolesterol.

Domino99

4. Berat badan naik

Makanan all you can eat  seringkali membuat nafsu makan meningkat. Karena kamu akan "dipaksa" untuk menghabiskan banyak sajian dalam satu kali makan.

Dengan begitu, kapasitas lambung pun akan membesar. Akibatnya asupan kalori akan menumpuk dan menjadi lemak yang menimbulkan kenaikan berat badan.

Domino99

5. GERD

Lambung yang penuh saat mengonsumsi makanan all you can eat yang berlebihan berpotensi menimbulkan GERD (Gastroesophageal reflux diseases). Gejalanya bisa membuat dada terasa panas, sesak napas, hingga mulut terasa pahit atau asam.

Itulah beberapa bahaya makan all you can eat yang bisa menimbulkan masalah kesehatan. Mulai dari yang ringan hingga tinggi bisa saja terjadi pada tubuh kamu.

Link Alternatif :PLAYSAHABAT.ORG

Jadi, jangan berlebihan saat mengonsumsi all you can eat, ya! Selama masih dalam batas wajar, konsep all you can eat sangat menyenangkan dan menguntungkan, kok. 

Posting Komentar

0 Komentar